Saturday, November 26, 2016

ADRENALIN (RUMAH HANTU INDONESIA)


Sutradara              : Dwi Ilalang
Dibintangi            : Yogie Tan, Mike Lucock, Rozy herdian, Elyzia Mulachela, Inzalna Balqis, Swara Emil  
Produksi              : Bejo Production


Cerita berjalan lambat di awalnya ketika Maya hendak menyerahkan anaknya, Anjani di panti asuhan Rumah Hati Indah. Anjani yang cepat akrab dengan anak cowok bernama Viktor akhirnya bikin Maya tenang untuk meninggalkan anaknya di tempat itu. Belum sempat mengucapkan salam perpisahan, Viktor dan Anjani harus menyaksikan bagaimana Maya ditarik setan ke dalam danau hingga tewas. Anjani kemudian diadopsi anak oleh pasangan muda sehingga dia harus berpisah dengan Viktor.

Suatu hari Anjani menemukan selebaran tentang audisi di sebuah wahana uji nyali terbesar, dan juga terpopuler di Indonesia yang bernama Rumah Hantu Indonesia. Yang mana wahana tersebut membuka sebuah lowongan pekerjaan untuk mencari pemain sebagai hantu baru. Hadiah utamanya lumayan besar, Rp 130 juta.


Anjani kemudian mendaftar audisi dan mendapati 4 peserta selain dirinya, Viktor, Kim, Michael dan Catherine. Banyak keanehan yang dialami mereka ketika mengikuti audisi, seperti Kim yang jadi histeris dan melihat banyak sosok mengerikan di wahana tersebut lalu Catherine yang mengalami sakit aneh yang membuat dia didiskualifikasi dan digantikan tempatnya oleh Cordelia, adik Anjani yang sebenarnya sudah dilarang ikut Anjani. Tapi mereka kemudian meneruskan audisi dimana tugas mereka adalah menakut-nakuti pengunjung yang masuk ke wahana Rumah Hantu Indonesia (RHI).

Wahana Rumah Hantu di Indonesia lumayan menjamur dua tahun lalu, gue sendiri pernah masuk ke salah satunya yang ada di Kebun Binatang Ragunan dan masuk bersama anak perempuan gue yang bukannya takut sewaktu para hantu disana beraksi meneror pengunjung, malahan sempat mengeplak nenek ngesot yang posisinya terlalu dekat.

Gue nggak pernah mengalami kejadian heboh seperti di film ini dimana pengunjung jejeritan histeris lihat sosok hantu – meski ada beberapa juga yang kaget – terus keluar ketakutan dari Wahana dengan berebutan bahkan sampai harus digotong karena pingsan.

Tapi boleh aja siy ditampilkan begitu di film karena  tanpa disadari oleh kelimanya, pengunjung yang datang ke RHI sebenarnya ditakut-takuti hantu asli dari roh yang telah dikuasai setan, jadi hanya mereka berlima yang jadi pemeran hantu yang masih manusia. Pada saat akan masuk wahana tersebut pengunjung diharuskan untuk membaca mantra yaitu berbunyi “Nyews Wheaknos Blenkhut Breakdesh”, yang sebenarnya dengan membaca mantra tersebut penglihatan mereka telah terbuka, dan dapat melihat ke alam ghaib so wajar ya kalau mereka histeris melihat setan beneran.

Ternyata yang diselidiki Victor selama ini benar adanya, wahana uji nyali didalam Rumah Hantu Indonesia tersebut dikendalikan oleh Mr. Hunt, yaitu si Raja setan yang mana, Dia telah membuat sebuah perangkap supaya semua peserta audisi dapat tereliminasi. yang artinya mati. Ruh mereka tidak akan dapat keluar dan akan terperangkap, serta dikuasai dan dijadikan penghuni rumah hantu tersebut untuk selama lamanya.

Anjani dan yang lain juga terperangkap dalam alam gaib ciptaan Mr. Hunt dan mereka harus mencari akal agar bisa keluar dari permainan itu dan memenangkannya agar tetap hidup. Ada 4 syarat yang harus mereka penuhi untuk lolos dari cengkeraman kematian Iblis, salah satu yang mereka ketahui adalah bertahan sampai ayam berkokok, tidak boleh makan dan minum di dalam sana, dan dua lainnya harus mereka cari jawabannya supaya waktu yang mati di alam gaib dapat berjalan kembali agar fajar bisa menjelang.

Film ini keren dengan efek komputer grafis yang memunculkan labirin rumah hantu yang tidak berakhir, gue juga suka lagunya yang dibikin Vicky Sianipar. Hanya saja ceritanya tumpang tindih, gue nggak mengerti hubungan orangtua angkat Anjani yang membunuh bayi mereka, yang adalah Cordelia, dan kemudian Cordelia masih hidup di awal cerita dan menjadi adik Anjani. 

Lalu bagaimana Michael yang seharusnya sudah mati saat masih anak-anak karena dipukuli neneknya lalu masih hidup untuk ikut audisi RHI. Dan kenapa Michael tidak melihat hantu atau arwah orang mati setelah makan hidangan, padahal itu yang dialami Kim sampai cewek itu histeris bukan main?

Rasanya agak kurang tepat juga menempatkan Michael sebagai orang yang mengetahui segalanya, termasuk 4 syarat lolos dari alam gaib itu, padahal dari awal jelas Viktor yang sudah menyelidiki semua tentang misteri RHI, akan lebih masuk akal kalau solusi meloloskan diri dari tempat dimana mereka terjebak itu datang dari Viktor karena dia bisa menghubungi para pemenang dari audisi-audisi sebelumnya.

Dan kenapa si petugas kebersihan bertampang menyeramkan yang termasuk kaki tangan para pemuja setan yang merupakan anak buah Mr. Hunt mengatakan bahwa takdir sudah dinyatakan bahwa hanya Anjani yang akan selamat? Apa yang bikin Anjani lebih spesial dari yang lain? Sampai akhir cerita pun hal itu sama sekali tidak dibuka dan sepertinya dilupakan begitu saja...

Sedikit harapan nakal dari imajinasi gue ketika Viktor keluar dari danau saat hujan deras mengguyur dan ternyata dia balik ke panti asuhan tempat dia kecil, gue berkhayal bahwa rumah panti asuhannya dulu adalah pusat dari segala masalah itu karena kedua tempat tersebut punya singkatan yang hampir sama, R.H.I dan mungkin ada sedikit penjelasan ketika air hujan melunturkan apa yang tertulis di papan itu dari Rumah Hati Indah menjadi Rumah Hantu Indonesia, sayangnya itu hanya khayalan gue saja…

No comments:

Post a Comment