Thursday, October 27, 2016

4 FILM HOROR VERSI RATNA NIRA BUAT HALLOWEEN 2016

Pengalaman tinggal di Inggris waktu kuliah disana dan ngerayain Halloween seru banget. Nggak ada yang nakutin dari Halloween, mungkin cuma kostum-kostum mereka aja yag bikin kaget kalau kita ketemu salah satu dari mereka malam-malam. Tapi bahagianya adalah waktu bisa ngasih permen dan coklat ke anak-anak yang mengetuk pintu rumah kita dan teriak, “Trick or Treat…” Makanya ngomongin film horror yang pas buat Halloween ya tentunya film horror tentang Helloween itu sendiri dong.

HALLOWEEN (1978)

Dari sekian banyak serial film Halloween saya pilih yang paling awal yang dibuat tahun 1978. Film ini fenomenal banget karena  film ini yang pertama kali memperkenalkan konsep tokoh yang mati dan bangkit lag di waktu yang bersamaan pada satu film. Adalah bocah cilik bernama Michael Myers yang pada usia 6 tahun dituding sebagai pembunuh dan kemudian kembali lagi setelah 15 tahun dirawat oleh ahli kejiwaan Dr. Sam Loomis.


Dr. Sam Loomis berusaha menangkap Michael untuk mengembalikannya ke sanatorium namun selama pengintaian itu Michael dengan penyamarannya yang cerdik sudah mengintai beberapa pemudi dan membunuh targetnya dengan berbagai cara licik. Dan ketika akhirnya Michael terlibat dalam aksi membunuh korban terakhirnya sang ahli jiwa berhasil memergoki dan menembaknya. Namun setelah memeriksa ke tempat dimana Michael roboh ternyata sang dokter tidak menemukan mayatnya. Dari sinilah kemudian film-film  horror lain mulai meniru untuk ters ‘mempertahankan’ tokohnya agar tidak mati.



PAY THE GHOST

Anjuran Jordan agar dirinya membayar sang hantu tidak dipahami oleh  Mike Lawford. Akibatya dia harus kehilangan anaknya itu ketika sedang membeli makanan untuk sang anak. Rasa sedih membuatnya berpisah dengan sang istri namun Mike tetap gigih mencari Jordan hingga setahun lamanya sampai masa Halloween kembali datang. Petunjuk demi petunjuk mulai didapatkan, terlebih ketika mantan istrinya jadi yakin bahwa Jordan belum mati dan terus berusaha member petunjuk tentang keberadaan dirinya membuat wanita itu mau membantu Mike mencari anak mereka.

Dalam pencarian itu Mike mengetahui tentang legenda Halloween dan kenyataan bahwa pada setiap acara Halloween setan-setan dan arwah penasaran menculik anak-anak untuk masuk ke dunia roh sebagai tumbal  bila orangtua tidak membayar mereka dengan segera. Ada secercah harapan saat Mike mendapat petunjuk bahwa dia masih bisa mengeluarkan anak-anak yang diculik setahun sebelumnya dengan menemukan gerbang alam gaib dan masuk kesana sebelum jam 12.00 malam tiba. Tidak ada kasih yang lebih besar dari kasih seorang bapak tentunya, Mike kemudian masuk ke alam gaib buat menyelamatkan Jordan.  

TRICK R TREAT

Ada 5 kisah dalam film ini yang jalan cerita dan tokohnya berbeda tapi kesemuanya punya benang merah mengenai terror yang terjadi pada saat malam Halloween. Cerita petama tentang pasangan suami-istri yang merayakan pesta Halloween tapi malamnya istrinya melakukan sesuatu yang dilarang saat Halloween sehingga keduanya harus menanggung akibatnya. Cerita kedua tentang kepala sekolah yang nampak normal tapi punya rahasia kejam dan bengis yang timbul pada saat malam Halloween. Cerita ketiga tentang  pria tua yang tidak menyukai Halloween dan ketika hari itu datang ternyata ada sesuatu mengerikan yang mengintainya. Cerita keempat tentang sekumpulan remaja yang ingin melewatkan Halloween dengan bersenang-senang tapi tidak sadar yang mereka lakukan mengundang bahaya. Cerita terakhir tentang seorang wanita yang tidak ingin melewatkan Halloween dan kemudian mengadakan pesta bersama pacarnya tapi ada sesuatu yang telah menanti mereka di pesta tersebut. Yang mana yang paling menyeramkan? Saya bilang semuanya!!!

THE PUMPKIN KARVER

Setelah tanpa sengaja membunuh pacar adiknya yang bernama Alec, Jonathan mengajak adiknya,  Lyn untuk pindah ke kota lain. Disana mereka bertemu seklompok orang yang mengajak mereka merayakan pesta Halloween. Jonathan dan Lyn bertemu dengan teman-teman baru seperti  Tammy, si kembar Grazer dan Spinner, mantan cowok Tammy, Lance, Rachel, dan seorang pemahat tua bernama Ben. Di pesta itu entah kenapa Jonathan merasa Alec ada disitu mengawasinya.

Tanpa sepengetahuan Jonathan dan Lyn, Alec ternyata kembali dari kematian namun dalam kondisi fisik layaknya monster. Dia kemudian membunuh orang-orang di pesta dimulai dari Rachel yang mengalami kematian mengenaskan dengan wajah yang diukir. Jonathan merasakan banyak keanehan terutama setelah dia mendapati dirinya dikuntit beberapa kali oleh si tua Ben. Ketika akhirnya Jonathan berhadapan dengan Alec dia mendapati kenyataan aneh bahwa yang dia bunuh ternyata bukan Alec melainkan Ben. Bahkan Jonathan juga sampai membunuh Lyn, adiknya sendiri.




Setelah melihat film-film itu bersiap-siaplah memberikan Like karena saya akan datang mengetuk dengan kantong Like dan berseru, “Trick or Treat!!!

1 comment:

  1. Satu kata buat kamu. PAS!!!
    Keempat film itu memang pas banget buat Halloween karena temanya memang berkisah perayaan Halloween

    ReplyDelete