Monday, September 5, 2016

PELOPOR ADEGAN TEROR DI KAMAR MANDI DALAM FILM HOROR


Kamar mandi merupakan ruang tertutup yang dibuat seaman mungkin untuk melakukan hal-hal yang sifatnya sangat pribadi bagi kita. Masalahnya bagaimana bila di dalam ruang yang kita pikir aman itu terjadi peristiwa yang aneh seperti pintu yang tiba-tiba membuka sendiri atau ada yang mengetuk dari luar tapi ternyata setelah anda membukanya ternyata tidak ada siapa pun diluar?

Tidak tahu dengan kamu, tapi gue pernah mengalaminya beberapa kali ketika tahu-tahu pintu kamar mandi membuka sendiri dan anak gue masuk slonong boy. Suatu kejadian wajar kalau tinggal serumah...kecuali bahwa gue dibuat jantungan karena kehadiran makluk kecil yang tiba-tiba itu...tapi jadi tidak wajar waktu gue ingat sudah menekan tombol pengunci pintu dari dalam, jadi aneh aja dia bisa membuka dari luar.

Seorang ayah tentunya tidak boleh panik dan bikin anaknya takut gara-gara keanehan macam itu sehingga gue - dalam usaha pencitraan - melampiaskan ketakutan dengan amarah dan alasan karena anak gue main masuk sembarangan, nggak mengetuk pintu dulu sebelum masuk, padahal jujur saja bukan itu penyebabnya…

Atau  bayangkan ketika kamu sedang sendirian di dalam kamar mandi di sebuah gedung bangunan tua yang menjadi tempat retreat dan tahu-tahu ketika sedang asyik dengan sabun dan busa di sekujur tubuh tiba-tiba terdengar ketukan di pintu dan tahu-tahu sepuluh jari kaki yang besar hitam dan penuh kuku panjang menyerupai cakar tersembul dari sela pintu.

Bukan pemandangan yang indah tentunya tapi gue pernah mengalaminya…teman gue sebenarnya yang mendapat penampakan itu dan saat itu gue sedang mandi di bilik di sebelahnya dan mendengar dia menjerit-jerit ketakutan, padahal dengan tubuh tegap perkasa dan kepala botak ala Vin Diesel begitu pasti kalian akan tertawa terbahak-bahak melihat ekspresinya saat itu…tapi asli…wajahnya pucat pasi…

Dan keberadaan yang sendiri di kamar mandi lama-lama membuat gue sedikit parno…itu juga yang dialami si raja horor Stephen King…dalam salah satu artikel wawancara dia pernah menyebut bahwa sendirian di kamar mandi selalu membuatnya ketakutan, nyaris fobia…padahal kita memang harus selalu sendirian di kamar mandi, bukan?

Perasaan tidak nyaman ini diumbar dengan baik oleh film horror yang baik, meskipun tidak sedikit juga yang memakai adegannya sebagai bumbu penyisip guna melariskan jualan supaya banyak yang nonton karena adegan di kamar mandi bisa jadi eksplorasi erotisme yang berlebihan, tetapi film yang menggunakan adegan ini dengan semestinya mampu membuat kita berpikir sejenak untuk masuk ke kamar mandi setelah kita menonton filmnya…

Siapa saja orang jenius yang menyadari adegan ini sebagai adegan yang menakutkan? Jawabannya bisa kiita lihat dari film-film yang paling awal menampilkan adegan tersebut, yakni :

PSYCHO (1960)

Alfred Hitchcock dijuluki Master of Suspense karena film-film yang dibuatnya sangat tidak umum. Tidak heran Psycho termasuk diantaranya dan penonton sama sekali belum pernah melihat film semacam ini sebelumnya. Berbeda dari film horror umumnya yang menampilkan hantu atau sosok meyeramkan, dalam Psycho tidak ada satu pun kengerian dibangun oleh hal supranatural.

Selain kejeniusannya membuat film ini sebagai film horror psikologis, yang tergolong masih asing, Hitchcock memasukan adegan yang akan menjadi legenda dan ditiru hampir banyak film horror setelahnya, yaitu ketika si pirang cantik Marion tengah asyik mandi dan tahu-tahu tirainya terbuka sementara si pembunuh yang sudah berada di dalam kamar mandi menancapkan pisaunya berkali-kali ke tubuh Marion. 

NIGHT OF THE BLOODY APES (1968)

Manusia berubah menjadi serigala jejadian mungkin sudah biasa tapi di film ini sosok monsternya adalah manusia yang berubah menjadi gorilla. Adalah seorang pria bernama Julio yang kerap berubah menjadi seekor gorilla dan tidak pernah puas akan wanita. 

Salah satu adegannya adalah ketika si gorilla Julio menarik perempuan keluar dari kamar mandi dan berbuat hal yang gila kepadanya, termasuk merobek anggota tubuh si gadis dengan cara yang ekstrim dan tentunya tidak cocok ditonton oleh anak di bawah umur.

CARRIE (1976)

Entah Stephen King yang mengalami fobia kamar mandi lebih dulu baru menuliskannya di novel Carrie atau sebaliknya, tetapi ketakutan yang dia alami dimasukkan sebagai bagian yang memikat film Carrie pada bagian awal ceritanya. 

Adegan pembukaannya menyorot pada gadis muda kikuk bernama Carrie yang tengah dirundung kegalauan di kamar mandi sekolahnya karena perubahan tak lazim pada tubuhnya yang beranjak puber. Keindahan murni seorang remaja ini terdistorsi oleh ulah usil tiga cewek lain yang membully Carrie dan mempermalukannya di kamar mandi, sampai kemudian ketiganya mendapat ganjaran setimpal karena mempermainkan Carrie dengan kekuatan telekinetiknya yang tak terkendali saat dikuasai amarah.

SQUIRM (1976)

Squirm memiliki keberanian untuk menghindari penggunaan frase populer "berdasarkan kisah nyata," bukan hanya bergulir teks di layar seolah-olah fakta murni. Tanpa adanya itu untuk menegaskan kengerian, film ini mengeksplorasi kengerian saat cacing-cacing pembunuh mulai menyerang manusia dan menggali wajah korbannya. 

Salah satu momen paling berkesan dari film ini adalah adegan ketika si cantik berambut merah Geraldine "Geri" bersiap untuk mandi. Dan, setelah itu Anda mungkin bisa menebak, beberapa cacing karnivora memutuskan untuk mengganggunya karena gadis itu memang cantik.

I SPIT ON YOUR GRAVE (1978)

Seorang penulis New York City, Jennifer, pergi ke sebuah kabin terpencil di hutan untuk menulis novel pertamanya. Tanpa disangka di tempat itu dia diperkosa oleh empat pria kampung dan dibiarkan mati. Namun Jennifer mampu bertahan hidup dan setelah peristiwa itu merencanakan pembunuhan sebagai aksi balas dendam kepada keempat pria itu. 

Jennifer menggoda salah satu pria yang memperkosanya untuk membawanya ke kematiannya. Dia memulai kesenangan itu di kamar mandi, merayu si pria dan saat pria itu hendak mencapai klimaks Jennifer mengambil pisau yang tersembunyi di bawah keset kamar mandi dan memotong alat kelaminnya, mengunci pintu, dan membiarkan pria itu mati kehabisan darah di kamar mandi sebelum memburu teman-temannya.


Kira-kira mana yang kamu takuti setelah ini begitu berada di kamar mandi? Pembunuh dengan pisau, cacing-cacing mutan, gorila jelmaan manusia, teman-teman yang usil, mantan yang menaruh dendam, atau sosok hantu dengan kaki raksasa yang menyembul dari balik pintu? 

Komen dan share yuuk supaya kita bisa mengalahkan ketakutan itu….

No comments:

Post a Comment