Tuesday, August 2, 2016

RACUN DALAM FILM HORROR

Pembunuhan dengan racun sedang jadi tontonan yang menarik di Indonesia sejak terjadinya kasus kematian Wayan Mirna dimana Jessica Kumala Wongso ditetapkan sebagai tersangka dan telah menjalani 8 kali persidangan, terakhir pada 28 Juli 2016, yang semakin lama semakin memanas. 

Baca di : Poin-poin kesaksian pegawai Olivier dalam sidang kasus Jessica

Gue nggak tertarik membahas siapa pembunuhnya atau bagaimana pembunuhan itu dilakukan sebab emosi dan garis wajah sudah menunjukkan itu semua, namun yang ingin gue bahas adalah tentang pembunuhan menggunakan racun.

Dalam dunia nyata sangat mengerikan melihat orang dibunuh atau bunuh diri dengan menggunakan racun, kita bisa lihat kasus selain kematian Mirna, juga kematian mendiang aktivis Munir yang juga diracun di atas pesawat dimana reaksi setelah racun bereaksi meninggalkan mimpi buruk, bukan hanya bagi korban tapi juga setiap orang yang melihat peristiwa tersebut.

Baca selengkapnya di : Aktivis HAM Munir tewas diracun arsenik

Pembunuhan dengan racun sudah menjadi salah satu model lama untuk mengambil nyawa orang lain, beberapa kasus diantaranya:

·         Socrates – filsuf Yunani (399 SM) dihukum mati dengan meminum minuman beracun dari tanaman hemlock

·         Dmitry Shemyaka (1453) Grand Duke of Moscow yang diracun dengan arsenic oleh seorang agen rahasia bernama Vasily Tyomniy

·         Madge Oberholtzer (1925) korban perkosaan dari pemimpin KKK DC. Stephenson yang diracuni oleh mercury (II) chloride

·         Heinrich Himmler (1945) pemimpin Nazi Schutzstaffel (SS) yang terbunuh oleh kapsul sianida setelah ditangkap sekutu.

·         Ibn al-Khattab (2002) pejuang Jihad Sunni yang tewas setelah menerima surat beracun yang dikirim oleh dinas rahasia Rusia FSB.

Dan racun juga menjadi salah satu alat pembunuh dalam film horror meskipun akhirnya gue dapati bahwa kadarnya termasuk ‘cemen’. Karakter antagonis yang menghabisi lawannya dengan racun tidaklah menarik dan dianggap pengecut, sehingga dalam film horror, racun hanya digunakan sebagai alat pelumpuh lawan sebelum mereka melakukan pembunuhan dengan cara yang lebih brutal.

Film-film yang mengandalkan racun tersebut diantaranya :  

RUMAH DARA

Berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius bernama Dara. Pada saat makan malam di rumah Dara, satu persatu tamu yang menyantap makanan jatuh pingsan. 

Ternyata makanan mereka sudah diberi racun lebih dulu, setelah semuanya tak sadarkan diri para tamu diseret ke ruang bawah tanah dimana terror dimulai disana. Mereka semua tewas terbunuh tapi hanya satu orang yang berhasil lolos. Siapakah dia? 

Baca reviewnya di Rumah Dara

PINTU TERLARANG

Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini menceritakan kehidupan kelam seorang pematung bernama Gambir dan istrinya, Talyda. Dalam sebuah adegan Gambir mengundang semua orang terdekatnya ke sebuah acara makan malam menyambut hari Natal. 

Saat makan malam, Gambir memasukkan racun ke dalam wine yang dihidangkan bersama makanan. Racun bernama Devilish Pit itu membuat semua orang yang meminumnya lumpuh selama sepuluh menit dan hanya bisa melihat dan mendengar saja. Kesempatan itu dimanfaatkan Gambir untuk membunuh mereka semua. Pengakuan jujur dari gue, gue lebih menyukai versi novelnya.

MISTERIUS
DI film ini racun tidak digunakan oleh satu tokoh untuk membunuh tokoh lainnya, melainkan untuk membunuh dirinya sendiri sebagai masa lalu sebelum menjadi hantu. 

Adalah Sumiyati yang menjalin hubungan dengan seorang pemuda dan setelah hamil ditinggal pergi oleh sang pacar. Sucipto, boss Sumiyati yang kebetulan juga orangtua dari pria yang menghamilinya, mengusir Sumiyati. 

Tekanan hidup membuat gadis itu akhirnya menenggak racun serangga dan menjadi hantu yang meneror rumah Sucipto. Meskipun gadis itu yang menenggak racun tapi menurut gue si pemuda itulah yang secara tidak langsung memberikan racun kepada Sumiyati. 

Baca reviewnya  di Misterius  

THE LAST SUPPER

Film yang dirilis pada 1995 ini menceritakan lima orang mahasiswa yang mengalami gangguan jiwa. Mereka tinggal bersama di sebuah rumah. Saat makan malam bersama seorang veteran perang mereka tak sengaja membunuhnya. 

Kelimanya lalu membuat sebuah rencana gila dengan mengundang beberapa orang datang ke rumah dan berdebat dengan mereka. Kalau orang itu tidak setuju dengan pandangan mereka maka minumannya akan diberi racun dan langsung meninggal di meja makan. Ini sebagai upaya untuk mengalihkan dalih pembunuhan yang sesungguhnya.

THE SIXTH SENSE


Merupakan karya terbaik sutradara dan penulis scenario M. Night Shyamalan. Film ini menampilkan ending yang mengejutkan dan salah satu yang terbaik di deretan film Hollywood sepanjang masa. 

Karakter Cole, seorang bocah yang punya indera keenam dan bisa melihat makluk halus serta berkomunikasi dengan orang yang sudah mati. Dengan bantuan seorang psikolog, Cole berhasil mengungkapkan kematian kematian seorang gadis kecil bernama Kyra. 

Awalnya gadis itu dianggap meninggal karena penyakit tertentu, Kyra ternyata diracun oleh ibu tirinya yang memasukan cairan racun ke dalam sup yang disantap Kyra.

4 comments:

  1. Dapet rekomendasi film beracun, eh, yang racun sebagai bagian penting cerita maksudnya.

    ReplyDelete
  2. Wah. Aku seneng ama kasus yg Pintu Terlarang. Keceeeeee.
    Pengen bacaaaak.
    Ih. Keren amat yak bs membunuh sekaligus menikmati prosesnya

    ReplyDelete
  3. @Eva Sri Rahayu : So far belum ada yang terlalu serius sih. Mungkin baru Last Supper aja. Jadi bisa ada kans tuh buat dibikin novelnya yang serius tentang horror dengan racun

    ReplyDelete
  4. @Natalia yo : Keren. Harus baca. Kamu tidak akan bisa menebak akhirnya. Kalo soal yg terakhir mmmm...mudah2an saya tidak masuk dalam daftar kamu hehehe

    ReplyDelete