Saturday, October 1, 2016

4 FILM HOROR VERSI TIRSA TAN BUAT HALLOWEEN 2016

Saya suka film horror yang nggak terlalu menyeramkan....
Saya suka film horror yang indah... 
Saya suka film horror yang ceritanya menyentuh hati... 
Saya suka film horror yang nggak terlalu horror banget.

Lha ,emang mau nonton horror atau drama sih, kok kriterianya seperti itu. Yah begitulah kegemaran saya. Dan ada aja tuh, film horror yang masuk dalam kriteria saya itu. Penasaran?  Silahkan baca terus, dan cari film yang saya rekomendasikan.

1.       Coraline

Ini adalah film horror untuk anak-anak dan pecinta animasi. Saya nonton karena mau menemani anak. Namun ketika film ini diputar, anak saya ketakutan. Saya pribadi pun dibikin berdebar-debar dan berharap harap cemas.Bukankah perasaan seperti itu yang ingin dipicu dengan menonton film horror ?


Coba bayangkan ,bagaimana perasaan anda jika biji mata diganti dengan kancing ?
Silahkan nonton Coraline !


2.       Odd Thomas
Ada orang orang yang cukup beruntung atau cukup sial sehingga mereka mampu melihat penghuni-penghuni dunia roh. Odd Thomas adalah salah satunya. Untungnya, kemampuan Odd Thomas digunakan secara positif, sehingga banyak kasus pembunuhan yang bisa diselesaikan atau dicegah dengan bantuan Odd.

Buat yang suka action, film ini cocok karena banyak berantemnya. Buat yang suka romansa, interaksi romantis antara Odd dan Stormy Lwellyn, akan bikin anda gemes dan geregetan. Buat yang suka teka teki, anda akan menemukan plot yang tidak disangka-sangka pada akhir cerita. Buat yang suka horror, darah, mayat dan setan cukup mewarnai film ini.

Dan bagi yang suka melodrama yang menyedihkan, siapkan sapu tangan atau sekotak tissue. Mengapa? Karena Anton Yelchin, yang main sebagai Odd Thomas, baru saja meninggal dunia bulan Juni yang lalu. Rest in Peace , Anton Yelchin. 


3.       The Orphanage aka El Orfanato

Jauh sebelum drakor muncul, telenovela dari negara-negara latin sempat ngetop di Indonesia. Ingatkan dengan artis Thalia? Atau serial Maria Mercedes? Untuk para jadoelers yang sempat gandrung dengan telenovela ,saya suguhkan El Orfanato, film horror dari Spanyol.


Selain perasaan dag-dig-dug serta rindingan bulu kuduk , film ini juga menawarkan sinematografi yang indah dan pure cinematic moment yang bikin penonton terkesiap.
Buat saya, tema dari film ini sangat horror. “ Bagaimana kalau anak anda hilang?”  Buat orang tua, tema ini akan teramat sangat menyeramkan, lebih seram daripada pengalaman bertemu setan yang terseram di seluruh jagad raya.

4.       Spirited Away
Dari judulnya saja, sudah sangat horror. Spirited Away bisa diterjemahkan sebagai  “Kesambet”. Walaupun tentunya, jika diterjemakan demikian, sepertinya tidak se-intelek Spirited Away. Film animasi ini saya masukkan ke dalam kategori horror karena setannya banyakkkkkkkk sekali. Namanya saja kesambet alias masuk ke alam gaib.


Di Indonesia, spirited away bisa terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja. Ada yang sengaja bertapa untuk masuk ke dalam alam gaib, ada pula kejadian-kejadian aneh yang dialami orang saat mendatangi daerah-daerah yang angker atau terpencil. Ihh ngeri…. Film ini tidaklah demikian. Anda tidak dibikin ketakutan, melainkan dibuat kagum melihat kepiawaian para animator dibawah pimpinan sang suhu Hayao Miyazaki.
Banyak nilai yang bisa dipelajari dari film ini, keberanian, kerajinan, petualangan dan kerja keras. Akhirnya, tentu happy ending. Film horror yang mulia dan menghibur. Hmmm, bukankah ini suatu kombinasi yang menarik?

Selamat menonton dan berhari Haloween. Trick or treat!


2 comments:

  1. Ternyata spirited away itu bhs inggris untuk kesambet? Baru tahu. Thanks yaa...jadi ngeh juga untuk melirik horor animasi

    ReplyDelete
  2. Itu terjemahan lepas ... ini yg dari mbah google

    The expression to "spirit away" means to remove without anyone's noticing. Kamikakushi (神隠し ?, lit. "hidden by Kami") means "spirited away". Kamikakushi is used to refer to the mysterious disappearance or death of a person that happens when an angered god takes a person away.

    ReplyDelete