Friday, October 7, 2016

4 Film Horor Versi Nuniek KR Buat Halloween 2016


Sebenernya aku bukan termasuk orang yang suka ikut euphoria tanggal spesial yang kebule-bulean, semacam tahun baru, valentine atau halloween. Buatku nothing special di tanggal-tanggal itu selain banyak diskon dan game-game yang aku mainkan jadi baik hati kasih banyak bonus. Tapi, tapi nih ya...kalau harus memilih sih aku bakalan milih halloween. Kenapa? Enggak tau sih, tapi halloween rasanya lebih seru aja. Serunya sebelah mana? Tau deh. Bhakk *dikeplak*

Nah, karena halloween itu identik dengan yang seram-seram, aku punya beberapa rekomendasi film horor dan thriller yang lumayan. Lumayan bikin jantung dagdigdug dan perut mules-mules, filmnya juga bikin kaget-kagetan, kalau enggak kaget juga bisa pura-pura kaget sambil meluk orang yang di sebelah. Film-filmnya cocok buat ditonton sama gebetan atau calon pacar, romantis deh kalau nonton bareng. Berdua, di malam halloween, nonton film hasil donlotan di laptop...
Romantis sebelah mananya woy? Kagak modal amat!
Ya sudahlah, ini dia rekomendasi film yang bikin halloween kamu makin syeram, let’s read aloud!

The witch. Awalnya sih agak bosen lihat film ini, lambat banget dan udah terlanjur mikir bakalan ada hal-hal serem yang tiba-tiba muncul, semacam makhluk jejadian atau apa gitu. Tapi ya itu dia, ini bukan horor indo yang setannya demen banget muncul di layar. Enggak ada suara hantu mendengus  dimana-mana, enggak ada setan—yang darahnya pakai betadine—tiba-tiba nongol, tapi film ini bikin jantung jedak-jeduk enggak karuan! Nelen ludah berkali-kali dan kepaksa mute-in volume karena gak tahan dengan efek suaranya yang bikin jantung gemeteran. Tapi  beneran, cerita tentang penyihir di abad 17-18 itu serem banget. Kalau kamu terlalu tua, terlalu muda, terlalu kaya, terlalu miskin, terlalu banyak anak, enggak punya anak...maka kamu bisa dituduh penyihir. Begitu pula dengan keluarga thomasin, pindah dari inggris ke ladang yang jauh dari mana-mana. Semua baik-baik saja sampai suatu hari si bayi samuel hilang saat diasuh thomasin. Sejak saat itu satu per satu kejanggalan muncul, ditambah lagi si kembar mercy dan jonas demen banget ngobrolin mistis sama si black philip, kambing jantan warna hitam yang gedong abis. Isu penyihir ini bikin keluarga thomasin kacau balau, saling tuding siapa penyihir yang ada dalam rumah dan akhirnya...ah, intinya film ini menjelaskan pepatah lama “fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan” itu benar adanya. Terus satu lagi, jangan biarkan kambing hitam berada di tenah-tengah keluarga. Yes, kambing hitam secara harfiah. Sebab bisa jadi dia lucifer, yang bakalan menghasut kamu buat jadi pengikutnya. Waspadalah!

The silenced. Kalau yang satu ini sih thriller gaes, kisahnya tentang asrama khusus putri yang letaknya nun jauh disana, satu-satunya bangunan di atas bukit dan tebak suasana asramanya kayak gimana? Misterius, as usual. Seting di the silenced ini korea selatan masa-masa penjajahan jepang, dan nama para siswi (jumlahnya kurang dari 20 siswi dalam satu asrama segede istana buckingham) ada dua, nama asli mereka dan nama dalam bahasa jepang. Jadi disini siswi-siswinya belajar untuk jadi perempuan kelas atas dan terampil (semacam sekolah kepribadian), di akhir tahun akan dipilih dua orang siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke jepang. Walau enggak dijelaskan secara gamblang, tapi suasana depresinya jelas banget di antara para siswi, terlebih seringnya murid yang hilang tiba-tiba (setelah berperilaku ganjil). Rupa-rupanya si ibu kepsek yang cantik banget dan asistennya yang garang plus suka main tabok itu punya misi ‘spesial’ dalam asrama. Buat penggemar horor kacang dan thriller abal-abal mendingan jangan maksa nonton film ini, kenapa? Nanti kalian malah bakalan bilang film ini gaje. Padahal aslinya imajinasinya kurang maen pas nonton.

White : the melody of curse. Judulnya manis-manis kejam gimanaa gitu. Film ini korea selatan punya, dan ceritanya tentang hal yang memang sudah jadi rahasia umum di kalangan industri hiburan, persaingan sengit antar girlband (bahkan sesama member). Menceritakan tentang girlband pink doll yang sudah habis-habisan promo tapi belum ngetop juga, bahkan tanggapan penonton juga bikin stres, dicibir, diketawain ah pokoknya pedih hati neng! Takdir membawa pink doll pindah ke studio baru yang fresh banget abis direhab, walaupun dulunya bekas kebakaran hebat dan pemilik studio tewas gosong disana, tapi yang penting harganya murah dan fasilitasnya lengkap banget. Pas bersih-bersih, si leader grup nemu video “white” yang isinya video klip yang easy listening. Singkat cerita lagu yang anonim itu dipake-lah sama pink doll, diakuin gitu dan yes, pink doll langsung melejit tenar. Cuma...kutukannya sudah mulai menyebar, satu per satu member kecelakaan dan enggak bisa perform untuk sementara waktu. Si leader yang emang paling dewasa dan paling sabar dengan tekanan persaingan antar member mulai curiga dengan lagu itu dan guess what? Yaa nonton saja sendiri. Mueheheh.

Exorcist. Bahasa lokalnya sih kesurupan, you know lah macam apa sih kesurupan? Ngomong ngaco, suara serak-serak kayak nelen radio zaman jepang, garuk-garuk tanah, tetiba bisa nemplok di dinding dan sejenisnya. Tapi di film bikinan korea yang diadaptasi dari novel ini enggak ada adegan garuk-garuk tanah sama nemplok-nemplok dinding, dan cerita intinya sih tentang seorang psikiatris yang merangkap jadi dukun. Bukan dukun mesum atau dukun pengganda uang, tapi dukun elit yang kerjanya ngusir roh penasaran yang masuk ke dalam tubuh pasiennya. Kalau suka baca webtoon dan nonton let’s fight ghost pasti langsung ngeh deh kerjaan si dukun pembasi setan itu elit dan terpandang banget. Nah, jadi si profesor ini kerja di klinik pribadi bareng asistennya yang cakep dan kacamataan, si asisten itu punya semacam kekuatan supranatural, jadi perantara antara dunia arwah dan dunia manusia. Komunikasi dengan arwah dalam tubuh pasien pakai metode hipnotis dan barengan dengan itu si asisten megangin pot bambu (kirain cuma orang indonesia aja yang nyembuhin orang kesurupan pake bambu, wkwk) dan mulai komunikasi dengan si arwah. Nah, kasus yang jadi puncaknya adalah kasus kesurupan direktur kim, yang suaminya meninggal gara-gara kecelakaan yang dibikin sama si arwah penasaran itu. Tapi ternyata bukan sekadar kesurupan biasa, soalnya ini kasus merembet kesana dan kesini, sampai ke siluman ular putih segala. Ciyusan, nonton deh!

Saat kalian nonton, mungkin ada yang akan bilang “apaan nih, katanya serem, katanya ini katanya itu, blah-blah-blah.” Semua itu balik lagi ke selera dan kadar ketakutan dalam diri masing-masing. Lagian aku kalau nonton film horor itu bukan fokus ke setannya sih, tapi fokus ke gimana cara si penulis skenario dan sutradara kerjasama bikin film yang jalan ceritanya itu bikin baper (baper berasa ikutan maen gitu, berasa ikutan dikejar-kejar setan). Yaa kali aja bisa bikin sesuatu yang lebih serem dari datang ke kondangan mantan tanpa bawa gandengan baru, hahah. 

6 comments:

  1. Saya suka quote kamu, jgn bilang filmnya nggak jelas, mungkun imajinasi kamu yg gak nyampe. Memang ada film2 gajes yg medioker tapi ada film yg saking simboliknya bikin penonton kebingungan kayak superman vs batman. Dari pilihan2 kamu ada yg saya pengen cari filmnya dan tonton krn sptnya nantang imajinasi saya...

    ReplyDelete
  2. Like this wes ini tulisannya mbak. hhee
    btw aku blum prnah liat ke4 film itu dah mbak. Keknya kudu ditonton. hheee

    ReplyDelete
  3. Aku belum liat semuanya nih. Coba cari ah.

    ReplyDelete
  4. enggak berani nonton tapi mau coba satu hehe

    ReplyDelete
  5. wah semuanya bikin penasaran euy!
    ini coba dikasi liat gambar preview filmnya sekalian mba hehe

    ReplyDelete
  6. yang white melody OF CURSE itu kayaknya seru :3

    ReplyDelete