Monday, October 10, 2016

4 Film Horor Versi Natalia Buat Halloween 2016

Halloween is cooooomiiing to toooown!

Sekarang ini Halloween tidak hanya dirayakan di negara luar saja seperti Amerika, Eropa dan kawan – kawan, karena tradisi ini juga ternyata sudah mulai masuk ke Indonesia.

Halloween sendiri sebenarnya Hari Raya Semua Orang Kudus, dan seringnya dimeriahkan dengan acara pesta kostum di rumah atau sekolah, atau ada juga semacam kegiatan trick or treating yang dimana, anak – anak di kompleks memakai kostum dan berjalan ke rumah-rumah tetangga berteriak, “trick or treating!” dan bila si pemilik rumah lebih memilih trick daripada treat yaitu dengan memberikan permen atau coklat, maka anak – anak akan membuat kekacauan di halaman rumah mereka karena tidak ditraktir (treat). 

Untuk yang sedang bokek karena gajiannya di awal bulan, Halloween juga bisa dirayakan dengan budget rendah yaitu menonton film horor bareng teman atau keluarga. Nah, di sini akan dibagikan 4 judul film horor versi saya yang paling menakutkan dan bisa dijadikan alibi buat Anda yang ingin dipeluk erat oleh pacar saat adegan horor muncul.


1.       The Conjuring (2013)

James Wan sang sutradara memilih pasangan Vera Farmiga dan Patrick Wilson untuk memerankan Ed dan Lorraine Warren sebagai karakter utama di film ini. Ed dan Lorraine adalah pasangan yang bekerja sebagai demonologist dan paranormal investigator dan di film ini mereka terpaksa mengusir roh jahat yang seharusnya dilakukan oleh Romo/Pastor di kediaman keluarga Perron. Kejadian aneh, brutal dan menyeramkan ini dialami sendiri oleh The Warrens. Benar, film ini dibuat dari kisah nyata.


Film yang dibuat dengan latar tahun 70an mengisahkan tentang seorang wanita yang kerasukan (possessed). Keluarga Perron yang baru pindah ke rumah baru dan agak terpencil ini diganggu oleh seseorang yang tak tampak wujudnya dan dihadiahi kejadian – kejadian tak masuk akal dari menit ke 30 hingga ending. Kejadian tak masuk akal yang ada di film ini  mengingatkan saya pada kejadian yang juga sering dialami oleh keluarga, teman dan mendengar cerita pengalaman dari kerabat jauh.

Pernahkah saat kalian baru saja bangun tidur dan mendapati kulit Anda lebam biru kehijauan namun tidak sakit jika ditekan, atau bermain hide and seek lalu ada bertambah satu personil tak kasat mata ikut bersembunyi, kemudian lukisan dan foto yang jatuh tiba – tiba, dan mencium bau busuk padahal tidak ada yang kentut atau sampah di ruangan yang ternyata diisyaratkan bahwa adanya makhluk tersebut di dekatmu, serta masih banyak lagi kejadian aneh lainnya yang akan membuat kalian merinding saat menontonnya. 

Musik dan suara yang dipilih oleh sutradara untuk menambah suasana mencekam juga patut diacungi puluhan pasangan jempol. Kisah ini wajib ditonton karena pengalaman yang dialami oleh keluarga Perron sebenarnya sering dialami oleh Anda yang mungkin luput dari ingatan Anda saja.
Sok atuh dicoba tonton.

2.       The Conjuring 2 (2016)

Jika Anda rajin nongol di sosial media, pasti Anda tidak akan ketinggalan ikut menikmati dan tertawa dengan munculnya meme “Valak”, suster berwajah seram atau seperti monster. Nah Valak adalah salah satu demon yang akan muncul di film The Conjuring 2. 


Lagi-lagi sutradara asal Malaysia, James Wan tertarik dengan kisah yang dialami oleh pasangan Ed dan Lorraine Warren. Film ini lebih berbeda dari yang sebelumnya dan lebih menguras air mata dan penuh drama. Saat menontonnya saya ikut merasakan kepedihan hati keluarga Hodgson terutama Peggy yang stress karena harus merawat ke empat anaknya sendiri dengan ekonomi pas-pasan, belum lagi salah satu anak perempuannya, Janet - yang dirasuki oleh penunggu di rumah tersebut.

Keluarga Hodgson yang sering mengalami kejadian aneh juga disaksikan oleh tetangga serta polisi. Jadi, di saat ia kebingungan dan butuh bantuan, polisi menyarankan Peggy untuk berkonsultasi dengan orang – orang di gereja, kemudian kasus ini tercium oleh awak media yang awalnya tertarik dengan kisah mereka kemudian mulai sangsi karena berpikir bahwa ini hanyalah akal – akalan keluarga Hodgson untuk mencari ketenaran dan uang, dan bahkan pasangan Ed dan Lorraine juga ikut ragu untuk membantu mengusir roh jahat yang ada di dalam rumah tersebut saat melihat sebuah video rekaman yang ganjil.

Alur cerita di film ini akan cukup membuat emosi Anda campur aduk, dari sedih, kecewa, marah, dan bahkan saya sempat menangis saat ada scene Janet sedih karena ia sudah dikucilkan oleh teman – temannya hanya karena ia berbeda, padahal semua hal yang ia lalui sudah cukup berat, dan yang ia butuhkan hanyalah dukungan.

Jangan mengecilkan volume untuk menyaksikan film yang disadur dari kisah nyata ini, ya, karena ada suara dari si “Billy” yang akan membuat Anda ngeri saat didengar berulang – ulang.

3.       I Spit On Your Grave (2010)

Horor tidak harus melulu tentang makhluk gaib, sesekali horor-thriller juga tak kalah mencekam. Menonton film ini saat Halloween sangat tidak disarankan bersama keluarga atau ada anak di bawah umur karena ada beberapa adegan dewasa yang akan membuat Anda risih jika ditonton bareng orang tua Anda. Film ini juga tidak dianjurkan buat kalian yang tidak sanggup menonton pembunuhan yang secara terang – terangan mempertontonkan cara membunuh dan menyiksa korban tanpa sensor seperti SAW.Film ini bercerita tentang pembalasan dendam seorang gadis cantik yang diperkosa oleh lima pria saat ia menyewa kabin di kota kecil. Alih – alih mendapat ketenangan, gadis ini malah dianiaya dan penganiayaan ini direkam juga.

Bayangkan, Anda seorang gadis, sendirian, dan tanpa bantuan siapapun, bahkan ketika ingin meminta tolong pada pihak yang berwajib karena sudah disiksa baik secara psikis maupun fisik, ternyata bukannya menolong malah ikut bergabung dengan penjahat dan melakukan hal tak senonoh lainnya. 30 menit sebelum berakhir, film inipun menyuguhkan kengerian lain yaitu pembalasan dendam si gadis yang awalnya dikira hilang. Pembalasan dendam inilah yang menjadi klimaks dalam film ini, namun biarpun beberapa adegan cukup membuat saya jijik karena agak di luar logika, di sisi lain saya merasa lega dan bergumam, “mampus lu. Rasain lu… dapat karma kan lu.”

Film ini akan membuat hati semua orang yang menonton ikut teriris karena kengerian di dalamnya. So, buat yang gampang mual dan muntah, film ini tidak disarankan untuk ditonton kecuali Anda penasaran.

4.       Pee Mak (2013)

Bosan dengan hidupmu yang serius serta banyak tekanan. Film horor satu ini tentu saja akan membuat Anda sedikit lebih rileks. Lho? Mau refreshing kok nonton horor? Tentu saja karena ini film horor – komedi. Film horor dari negeri Thailand ini diperankan oleh Mario Maurer. Siapa sih yang tak kenal aktor kawakan ganteng maksimal dan mirip bule ini? Jadi, ketampanan Mario boleh dianggap sebagai penyegaran dalam hidup Anda dan nilai plus buat film ini.

Diceritakan bahwa Mak baru pulang dari perang bersama ke empat temannya. Saat tiba di desa, dan menemui istrinya serta anak laki – lakinya yang baru lahir. Kerinduannya pun terobati. Namun keganjilan mulai terjadi di rumahnya serta tatapan kengerian yang dilemparkan oleh warga sekitar saat melihat Mak beserta teman – temannya kalau sedang melewati mereka.

Teman – teman Mak mulai mencurigai istri Mak yang selalu bertingkah aneh dan menceritakannya ke Mak. Tentu saja Mak tidak percaya, menurutnya, kecurigaan mereka pada istrinya yang cantik itu tak beralasan. Sebaliknya, teman – temannya langsung mencoba menunjukkan ke Mak keganjilannya satu per satu. Usaha teman Mak dalam membuktikan bahwa sebenarnya istri Mak sudah mati lah yang mengundang tawa.

Scene seram banyak di awal untuk membangun cerita, kemudian dari pertengahan hingga akhir dibuat lebih banyak komedi dengan tingkah laku dan ekspresimereka yang konyol. Ada saja hal – hal tolol yang terjadi dan spontan membuat saya ngakak.

NB : Sebisa mungkin menggunakan teks saat menonton karena mereka berdialog menggunakan bahasa Thai bukan Inggris.

Jadi, jika Anda tertarik dengan film horor yang saya rekomen untuk menyambut Halloween, usahakan mengecek tekanan darah dan kesehatan jantung Anda  terlebih dahulu karena saya tidak akan bertanggung jawab jika sesuatu terjadi saat Anda menyelesaikan film – film horor di atas.

Happy Halloween for ya!


10 comments:

  1. Ternyata I spit on your grave ada versi barunya ya...di pee mak byk adegan konyol tapi gak kurang seram saat adegan hantu hantuannya. Ambil tensimeter dulu sblm nonton filmnya Lia Chan

    ReplyDelete
  2. 4 film itu gak belum ada yang kutonton satu pun karena serem banget (kata orang)

    ReplyDelete
  3. Pee Mak itu perfect example buat yg namanya horkom. Pas adegan horor asli serem (waktu mrk bungkuk buat ngintip lewat kedua kaki). Pas komedinya asli ngakak (waktu mrk dayung perahunya krn dikejar hantu dan perahunya malah berputar-putar doang). Ayooo ditonton krn kata org belum tentu bener!!!!

    ReplyDelete
  4. Lama ga nonton horror biar nggak jadi penakut wkwkwkk. Terakhir nonton sama Lia, dan ditraktir lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Delia : Kalo Lia juara nanti tagih aja traktiran nonton. Jangan lupa klik Like buat dia supaya ada hutang janji :-D

      Delete
  5. Lama ga nonton horror biar nggak jadi penakut wkwkwkk. Terakhir nonton sama Lia, dan ditraktir lol

    ReplyDelete
  6. Terima kasih rekomendasinya. Meskipun saya sendiri tidak suka nonton film horror. Sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete