Saturday, March 4, 2017

RINGS - INDONESIAN SUBTITLE

Disutradarai        : F. Javier Gutierrez
Dibintangi            : Matilda Lutz, Alex Roe, Johnny Galecki, Bonnie Morgan
Produksi              : Paramount Picture

Setelah menonton Split, tentunya gue mengharapkan sesuatu yang lebih pada film ini, apalagi karena ini adalah sekuel yang ketiga dari kedua film sebelumnya yang keren-keren. Pada Ring perdana elu akan tercekam pada terror yang dialami tokoh yang diperankan Naomi Watts dan si anak kecil Aidan selama tujuh hari sebelum hantu Samara datang membunuh korbannya yang telah menonton video kutukan.

Sementara di edisi kedua,  kita dibikin tegang ketika si tokoh utama pergi ke pulau tempat tinggal Samara dan menghadapi terror yang tidak habis-habisnya sampai dia menahan amarah Samara dengan menutup sumur dengan batu. Di edisi kali ini...


Pasangan Julia dan Holt harus terpisah karena Holt kembali ke universitas. Kehidupan mereka berjalan normal sampai Julia menerima pesan dari seorang gadis lewat akun pribadi Holt di media sosial, gadis itu begitu ketakutan sehingga Julia berpikir Holt dalam kesulitan apalagi dia tak bisa lagi menghubungi Holt lewat ponselnya.

Julia memutuskan pergi ke kampus Holt untuk mencarinya, bukannya menemukan sang kekasih dia malah terlibat dalam berbagai hal misterius yang melibatkan Gabriel, professor yang mengajar kelas Holt, dan Skye, gadis yang muncul di akun Holt. Saat bertemu Julia, Skye kemudian mengajak Julia ke apartemennya dengan janji bertemu sang kekasih, padahal sebenarnya dia ingin Julia menonton film itu supaya dia terlepas dari kutukan Samara.

Tapi sebelum Skye bisa memaksa Julia menonton filmnya, Julia mendapat peringatan dari Holt. Dia segera bersembunyi dan mengunci dirinya dalam kamar mandi ketika Samara muncul dan membunuh Skye yang telah mencapai hari terakhirnya malam itu. Holt datang ke kediaman Skye untuk menyelamatkan Julia dan menjelaskan bahwa dia merupakan bagian dari percobaan gila Profesor Gabriel, dan besok adalah hari terakhir baginya bila dia tidak segera mendapatkan ‘ekor’ yang dijanjikan sang dosen. Akhirnya Julia memutuskan menonton film Samara untuk melepaskan Holt dari kutukan.

Bukan hanya terpilih sebagai korban berikutnya, Julia juga dipilih sebagai orang khusus yang menerima pesan Samara. Gadis itu melihat sesuatu yang tidak pernah terlihat di film aslinya dan apa yang dia lihat ternyata melekat ke dalam film sebagai film baru. Gabriel memisahkan film baru itu dari film lamanya, bersama-sama mereka kemudia melihat gambar yang menjelaskan latar belakang dan darimana dirinya berasal.

Fakta baru ini menarik perhatian Julia dan Holt untuk menyelidiki lebih jauh. Saat berada di Sacrament Valley, kota yang ada di penglihatan Julia, dia mulai melihat pecahan gambar yang dia tonton di video tambahan itu secara nyata. Dia melihat gadis hamil berambut pirang di pinggir jalan, gereja yang kebanjiran, kawanan burung yang mengerumuni suatu makam, hingga ke sebuah makam yang dia yakini sebagai makam Samara.

Julia dan Holt lalu berjumpa Galen Burke, penjaga makam yang buta, dia menceritakan kisah Samara dan bagaimana dampak kematiannya mempengaruhi seluruh kota, karena setelah Samara tewas banjir datang dan menghancurkan hampir semuanya. Burke mengaku dia sampai harus memindahkan tulang-belulang Samara ke kuburan lain yang lebih jauh dari kota.

Sementara itu Gabriel akhirnya mengetahui bahwa tanda di tangan Julia ternyata aksara Braille dan setelah mengartikannya sang dosen pun bergegas pergi ke Sacrament Valley untuk menyusul keduanya. Tapi Gabriel keburu mengalami kecelakaan lalu-lntas dan dia tewas tersengat listrik dari kabel tiang listrik yang jatuh, tepat di depan mata Julia yang hendak menolongnya.

Saat Holt mencari tahu lebih lanjut dengan bertanya mengenai Evelyn, gadis yang hilang dari masa lampau, kepada pemilik motel, Julia pergi ke gereja karena dia menemukan dari penglihatannya bahwa lingkaran cahaya menyerupai cincin yang muncul pertama kali di film itu adalah menara lonceng, dan disana Julia menemukan ruang tersembunyi dan bukti-bukti bahwa Evelyn pernah ditahan di tempat itu dalam keadaan hamil. Rupanya gadis itu diperkosa oleh sang pendeta dan ditahan di sana sebelum berhasil melarikan diri saat delapan setengah bulan menuju kehamilan.

Julia bertemu Burke dan menceritakan apa yang dia temukan, tapi Burke menyerangnya. Di tempat lain Holt akhirnya mengetahui bahwa Burke adalah pendeta yang menculik Evelyn. Pemuda itu segera pergi ke tempat Burke begitu tidak menemukan Julia di motel. Saat Julia sedang bergulat dengan Burke demi mempertahankan nyawanya, Samara muncul dan membunuh sang pendeta buta tersebut, dengan cara yang konyol karena sang hantu memberikan penglihatannya kembali supaya dia bisa membunuh Burke.

Gue sih berharap ada yang lebih bagus dari itu idenya, karena gue sangat ingin tahu bagaimana hantu yang mengandalkan visual bisa membunuh seseorang yang tidak bisa melihatnya. Kalau hanya begitu caranya akan lebih menarik melihat bagaimana pencuri-pencuri muda bisa mengatasi pembunuh buta yang juga pemilik rumah dalam film Don’t Breathe.

Tapi itulah hasil akhirnya, Julia diselamatkan oleh hantu, bersama-sama dengan Holt, dia mengkremasi mayat Samara. Tapi apakah dia benar-benar menyelamatkan dari kutukan Samara ini selamanya?
  
Itu akan menjadi pertanyaan berikutnya karena pada adegan akhir Holt akhirnya tahu huruf Braile yang tercetak di tangan Julia dan mendapat kata 'Rebirth' setelah menerjemahkannya dengan program pada laptop Gabriel. 

Ini mengarahkan gue ke pertanyaan berikut, kalau di film kedua Rachel berhasil menyegel sumur Samara dengan mendorong batu yang berat itu lalu bagaimana Samara bisa muncul lagi dan membunuh orang yang lain?

Apakah hantu Samara bisa memberi alur cerita yang berbeda bila filmnya ditonton oleh orang yang berbeda? Berarti mereka harus menyelamatkan diri mereka sendiri, dengan alur cerita mereka sendiri sebelum tujuh hari, dan Rachel ternyata hanya menyelamatkan kisah hidupnya sendiri dan bukan orang lain yang juga tertular virus menonton video tersebut?

Dan bagaimana hantu Samara akhirnya bisa mengendalikan file filmnya dengan menyalin dan mengirimnya ke siapapun yang dia suka berarti film Ring tidak berakhir pada sekuel ketiga ini dan masih akan berlanjut untuk sekuel-sekuel berikutnya. 

Masalahnya kalau ingin membuat edisi yang keempat atau kelima, mereka harus mengembangkan cerita dan membuat yang lebih baik daripada yang ini. Dan ingat, mereka juga harus konsisten karena Evelyn di Ring 2 memiliki rambut hitam, jadi kenapa rambutnya berubah merah kecoklatan di Rings?

Menurut opini gue, Rings masih kalah keren dibandingkan Split kali ini....


No comments:

Post a Comment