Monday, March 6, 2017

FILM-FILM PEMBAWA KUTUKAN SEPERTI THE RING (Bagian 1)

Kalian yang sudah pada nonton The Rings, atau setia dengan sekuel-sekuel The Rings sebelumnya pasti sudah tahu cerita film ini mengenai sebuah film yang kerap muncul secara misterius dan bila ditonton akan mendatangkan kematian secara misterius karena Shamara, si gadis hantu dalam film itu akan membunuh siapapun yang menonton filmnya dalam tujuh hari…

Percaya tidak percaya, ternyata film semacam The Ring ada lho di dunia nyata kita. Bukan hanya menewaskan penonton tapi juga pembuatnya. Dalam artikel ini gue mau membahas film-film yang menewaskan artis dan kru produksinya lebih dahulu…


Rebel Without a Cause (1955)

Film ini memang bukan film horor, namun film ini merupakan awal dari film-film berikutnya yang memiliki kutukan sebab ada kisah mengerikan di baliknya. Rebel Without a Cause menceritakan seorang pemuda yang pindah dari sebuah kota untuk menemukan cinta, sahabat dan pengalaman baru. Film klasik ini pada akhirnya dikenal karena tiga pemeran utamanya meninggal dengan cara misterius dan tragis.
Aktor utama James Dean meninggal tahun 1955 karena kecelakaan mobil. Berikutnya bintang baru Natalie Wood meninggal karena tenggelam dalam posisi yang aneh. Pada tahun 1976, Sal Mineo ditikam hingga meninggal di sebuah gang di Hollywood Barat. Kepergian para bintang utama membuat film Rebel Without a Cause dianggap sebagai film kutukan yang menyebabkan kematian.

The Exorcist (1973)

The Exorcist adalah salah satu film horor terbaik sepanjang masa, yang membuat banyak orang menjerit histeris saat menontonnya. Menceritakan seorang gadis remaja yang kerasukan arwah jahat setelah memanggil hantu melalui papan Ouija. Tak hanya filmya yang mengerikan, kisah di balik film ini juga bikin merinding.
Aktor Hack MacGowran meninggal dunia setelah film ini dirilis, karena komplikasi flu. Aktor Lee J. Cobb juga meninggal tiga tahun setelah film dirilis. Aktor Max Von Sydow mengalami musibah karena saudara laki-lakinya meninggal saat proses produksi film. Bayi kameramen meninggal dunia dan seorang tukang kayu kehilangan jari-jarinya saat sedang menyiapkan properti film. Kabarnya, semua kemalangan itu adalah kutukan film The Exorcist.

Enter The Dragon (1973)

Film terakhir dan sekaligus karya masterpiece dari jawara KungFu, Bruce Lee. Film ini bukan hanya membuka warna baru dengan berbagai teknik bela diri tapi juga simbol bangkitnya Black Movement, perlawanan yang dilakukan kaum kulit hitam yang pada era itu tertindas oleh sikap rasisme kaum kulit putih di Amerika karena dalam film itu Bruce Lee menyelipkan semangat bahwa dirinya bisa berdiri sejajar dengan orang kulit putih.
Bruce Lee banyak mengalami cedera parah saat pembuatan film ini, mulai dari tangan yang retak saat dihajar oleh botol yang pecah dan digigit ular kobra. Tapi dia meneruskan semuanya demi sebuah kesempurnaan sampai akhirnya dia meninggal secara misterius pada Juli 1973, sebelum film tersebut selesai diproduksi. Penyebab kematiannya masih merupakan misteri dan rumor beredar bahwa film itu membawa kutukan bagi Bruce Lee, bahkan bisa berlanjut ke dinasti Lee berikutnya karena putranya Brandon Lee juga mengambil jalur yang sama seperti sang ayah, menjadi aktor laga.

The Omen (1976)

The Omen adalah salah satu film paling fenomenal hingga sekarang. Menceritakan seorang anak laki-laki bernama Damien yang diadopsi oleh sebuah keluarga kaya. Keluarga tersebut tidak tahu bahwa Damien adalah perwujudan setan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Teror demi teror menghantui keluarga tersebut, kematian datang silih berganti.
Yang menyeramkan, putra Gregory Peck, aktor utama dalam film ini bunuh diri dua bulan sebelum film diproduksi. Pesawat yang ditumpangi Peck sendiri pernah mengalami masalah saat promosi. Tim spesialis efek bernama James dan asistennya Liz Moore mengalami kecelakaan parah yang menyebabkan James terluka parah dan Liz tewas.

Superman (1978)

Sekilas, tak ada yang menyeramkan dari film Superman yang diproduksi tahun 1978. Film ini bahkan dikatakan sebagai salah satu film Superman terbaik dengan Christopher Reeves yang juga dipuja sebagai Superman terbaik sepanjang masa. Sayangnya, film superhero yang sangat populer ini menyisakan kisah mengerikan bertahun-tahun setelah selesai diproduksi.
Christopher Reeves jatuh dari kuda beberapa saat setelah film dirilis dan membuatnya mengalami kelumpuhan total. Aktor tampan ini meninggal pada tahun 2004 di usia 52 tahun. Sementara itu, aktris cantik bernama Margot Kidder mengalami masalah kejiwaan dan ditemukan berjalan dengan pakaian lusuh serta berbicara tidak jelas. Aktor Richard Pryor yang membintangi Superman III meninggal karena Multiple Sclerosis. Yang terakhir adalah George Reeves yang memerankan Superman di tahun 1950 meninggal karena bunuh diri.

Poltergeist (1982-1988)

Film ini menjadi salah satu film horor yang juga dikenang sepanjang masa. Selain kengerian dalam filmnya, Poltergeist menjadi salah satu film terkutuk yang membunuh para kru dan aktor yang terlibat. Dibuat dalam bentuk trilogi sejak tahun 1982 hingga 1988, ada cerita mengerikan di balik semua film tersebut.
Dominique Dunne yang memerankan Dana, dibunuh kasihnya di usia 22 tahun. Aktor Julien Beck menderita kanker perut beberapa bulan sebelum menerima peran sebagai Pendeta Kane, dia meninggal di usia 60 tahun. Will Sampson yang berperan di Poltergeist meninggal karena gagal jantung di tahun 1987. Anak perempuan bernama Heather O’ Rourke yang memerankan Carol Anne meninggal karena infeksi saat syuting Poltergeist III.

The Crow (1994)

Film ini menjadi terkenal setelah insiden mengenaskan yang menewaskan pemeran utamanya, Brandon Lee. Putra dari aktor laga legendaries, Bruce Lee, yang juga tewas secara misterius itu sedang dalam tugasnya melakukan pengambilan gambar dimana The Crow yang babgkit dari kematian harus menerima berondongan peluru dalam salah satu adegan, dan baru pada saat itulah tim produksi menyadari bahwa peluru yang dipakai adalah peluru tajam betulan namun semuanya terlambat karena Brandon Lee sudah terbujur tanpa nyawa.
Sutradara film ini sempat bimbang untuk meneruskan filmnya tetapi akhirnya dia memutuskan untuk melanjutkan produksi film dengan menggunakan teknik efek dan CGI untuk mengganti dan memanipulasi wajah pemeran pengganti agar mirip dengan wajah tokoh Eric Draven atau The Crow yang diperankan Brandon Lee. Sampai film tersebut dirilis hingga saat ini tak seorang pun tahu bagaimana peluru-peluru itu bisa ada masuk property senjata yang dipakai dalam adegan penembakan tapi satu hal yang pasti, kutukan dari Enter The Dragon sebagai film bela diri klasik yang sempurna, memakan korban dinasti Lee.

Batman : The Dark Knight (2008)

 Ternyata kutukan tidak hanya berlaku pada Superman. Film super hero lainnya yakni The Dark Knight yang merupakan sekuel kedua dari Batman Begins garapan Christoper Nolan ternyata juga menyimpan kutukan mengerikan. Kisahnya yang begitu kompleks dan penuh pergolakan batin membuat Heath Ledger sebagai pemeran Joker bukan hanya melakukan observasi atau wawancara pada penderita sakit jiwa tapi juga hidup dalam kondisi tersebut demi menjiwai perannya.

Heath Ledger sampai tidak tidur berhari-hari, minum banyak obat-obatan, dan melakukan banyak liar lain yang membuat aktingnya begitu diacungi jempol sebagai Joker, penjahat sakit jiwa, namun depresi yang berkepanjangan sampai produksi filmnya usai membuat Heath tidak mampu keluar dari perannya saat dia berada di dunia nyata dan akhirnya Heath meninggal akibat overdosis obat penenang demi mengakhiri penderitaannya.   

Nah, berikutnya bakal lebih seru karena gue akan bahas film-film pembawa kutukan yang menewaskan penontonnya…tunggu aja di FILM-FILM PEMBAWA KUTUKAN SEPERTI THE RING (Bagian2)

No comments:

Post a Comment