Thursday, July 28, 2016

FILM PEMBASMI HANTU PERTAMA HOLLYWOOD DAN INDONESIA

Ghostbuster ternyata bukan film pembasmi atau penangkap hantu pertama yang dibuat di dunia. Di Hollywood kita tahu film tertuanya adalah The Exorcist. Diproduksi tahun 1973 dan disutradarai oleh William Friedkin, film ini menceritakan tentang kasus gadis cilk berumur 12 tahun bernama Reagan MacNeill yang dirasuki arwah iblis dan dua orang Pastur bernama Pastor Karras dan Pastor Merrin akhirnya mempraktekan upacara ritual pengusiran iblis.

Adegan yang hilang dalam film

Film ini mengalami beberapa kendala dalam produksinya, mulai dari ditolak oleh sutradara-sutradara beken seperti Stanley Kubrick dan Arthur Penn, bahkan mengakibatkan malapetaka berupa tertabraknya anak si pemeran utama oleh sepeda motor hingga harus dirawat di rumah sakit yang mendatangkan dugaan bahwa film ini dikutuk.

Ternyata film ini meraih sukses luar biasa dalam pemutarannya, tercatat film ini meraih pendapatan lebih dari US$ 441 juta di seluruh dunia dan masuk sebagai nominator di Academy Award yang memenangkan dua kategori untuk Best Sound Mixing dan Best Adapted Screenplay. The Exorcist merupakan film horror pertama yang berhasil masuk menjadi nominasi Academy Award for Best Picture.

Pastur berusaha mengusir roh iblis di dalam tubuh Reagan

Bila The Exorcist menjadi film horror pertama Hollywood yang bertema pengusir hantu, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia juga tidak kalah dalam urusan ini. Film pemburu hantu pertama Indonesia dibuat tahun 1981 dengan judul Mystic In Bali. Memang tidak bermodalkan peralatan dan teknologi canggih seperti Ghostbuster tapi punya metode yang sama seperti The Exorcist buat mengusir hantu yakni dengan pendekatan keagamaan, The Exorcist dengan upacara ritual Kristen dengan mengandalkan nama Yesus Kristus sementara Mystic In Bali dengan ritual Hindu yang bersandar pada kekuatan Sang Hyang Widi.



Cathy Kean, penulis muda dari USA yang fasih berbahasa Indonesia pergi ke Bali untuk mempelajari rahasia ilmu gaib kuno Leak untuk buku yang sedang dia tulis. Suatu malam di hutan dia bertemu wanita yang juga penyihir dan penganut ilmu Leak. Cathy akhirnya setuju untuk menjadi muridnya dan mulai mengikuti banyak ritual aneh dan mengerikan. 

Gue ingat salah satu adegan menjijikannya adalah ketika Cathy dan sang guru berubah wujud menjadi ular dan memangsa tikus. Pagi-paginya ketika bangun tidur Cathy langsung meloncat ke toilet dan memuntahkan bangkai-bangkai tikus dari mulutnya.



Mahendra, seorang penduduk lokal yang menyukai Cathy mengetahui rencana si penyihir yang hendak mengubah Cathy menjadi budak penghisap darah, yang selalu haus darah dan memangsa bayi dari perkampungan lokal demi mencapai keabadian akhirnya meminta tolong kepada pamannya, I Wayan Jereg, seorang pemuka Hindu setempat untuk menghentikan Penyihir Leak.

Peperangan pun pecah antara kekuatan sihir baik dan jahat dan penonton disuguhi adegan-adegan aneh dan mengejutkan yang merujuk pada legenda-legenda Indonesia seperti wanita yang berubah jadi babi (babi ngepet), ular (siluman ular), dan sosok kepala manusia yang tanggal dari tubuhnya dan melayang-layang dengan taring dan lidah panjang (leak).



Mystic In Bali tidak didistribusikan secara Internasional saat merilis versi aslinya di tahun 1981 tapi kita boleh berbangga bahwa film ini menjadi salah satu film kultus di kalangan penggemar film horror internasional setelah beredar melalui media video bajakan, khususnya saat dirilis dalam format DVD tahun 2003 oleh perusahaan Mondo Macabro.

Mungkin Mystic In Bali tidak mendapat penghargaan sehebat The Exorcist tapi setidaknya memperoleh perhatian dunia dengan berbagai resensi, baik positif (orang Barat baru tahu bahwa black magic bukan hanya mengubah manusia jadi serigala tapi juga babi, ular, bahkan sosok kepala melayang tanpa tubuh) atau negatif (sebagian mengatakan isi skenario yang kurang kuat bahkan komentar menyayat hati soal efek yang murahan sehingga kurang seram)

Ini menunjukan bahwa Indonesia juga mampu membuat film horror dengan mempopulerkan ilmu hitam Leak dari Bali ke seluruh dunia. Dalam hal ini Bali sengaja dipilih sebagai daya tarik orang diluar Indonesia untuk menonton sebab semua orang tahu Bali.

1 comment:

  1. Hallo,,,mana nih yang suka nonton film di HP,,,?
    sekarang kalian gak perlu khawatir mau nonton film film pilihan dan terbaik,semuanya ada dalam satu aplikasi,yaitu aplikasi INFLIXER,aplikasi yang satu ini di jamin membuat kalian enjoy nonton film karena kualitas dan pilihan film nya yang beribu ribu pastinya seru abisss,,,rumahmu pasti akan seperti bioskop karena keasyikan nonton,,,wkwkkw
    yuk download aplikasi INFLIXER,,,enjoy guys buat nonton beribu pilihan film terbaik di HPmu.

    ReplyDelete