Thursday, October 9, 2014

TAMAN LANGSAT MAYESTIK

K2K PRODUCTION
Directed by: KK. Dheraj
Sutradara :   Eka Katili
Starring by: Metta Permadi, Rahmat Panca, Ki Joko Bodo, Fauzi Imam


Sebagai catatan, sebenarnya saya enggan sekali menuliskan review tentang film ini ke blog saya karena berbagai alasan yang rasanya bisa bikin kuping merah, tapi setelah pertemuan saya dengan Evi Sri Rezeki dan Bang Aswi tentang penulisan blog, saya mendapat masukan untuk memasukkan setiap tulisan dari film-film horror yang saya tonton sebagaimana adanya….

So, untuk itu saya akan coba masukkan film ini ke dalam blog Freaknco dan karena tulisan ini saya buat untuk Evi, yang secara kebetulan juga kembarannya pernah minta saya menulis review tentang BELENGGU ke dalam bahasa Indonesia maka saya akan melakukan yang sama untuk film Taman Langsat Mayestik…

Ketertarikan buat menonton film ini bermula dari twitter, dimana tag film ini sempat jadi trending topic beberapa kali sehingga ingin juga menonton film ini. Lagipula tagline bahwa film ini didasarkan pada legenda Taman Langsat yang angker sungguh menggoda keingintahuan pecinta film seram…

Cerita dari film ini sebenarnya sederhana saja, ada produser dan sutradara sebuah PH yang ingin membuat film horror. Mereka mencari pemeran yang tepat dan karena Talent Coordinator, Genta, tidak bisa menemukan aktris yang pas kemudian keduanya marah-marah. Keduanya akhirnya mencari pemeran utamanya sendiri dan menemukan Shinta, sebenarnya bukan mereka yang menemukannya sendiri juga karena Shinta datang ke kantor mereka pada saat yang tepat. Meskipun bintang utama sudah ditemukan mereka tetap harus mencari artis-artis pendukung sehingga Genta mengusulkan membuat casting di tempat angker supaya talent yang diundang bisa merasakan atmosfir horror.

Genta kemudian mendapatkan referensi Taman Langsat sebagai tempat angkernya dan bersama Yoga melakukan survey. Selama survey, sang produser melakukan tindakan brutal yang nyaris memperkosa Shinta tapi kemudian justru menewaskan Shinta yang keguguran dan kehabisan darah. Genta dan Yoga bertemu dengan penjaga taman bernama Ki Langsat, dari pria inilah Genta mendapat informasi mengenai asal muasal kenapa ada hantu di taman tersebut.

Daniel dan Ozzie akhirnya datang ke Taman Langsat untuk melakukan proses casting dan menemukan semua Talent sudah hadir disitu sementara Genta dan Yoga tidak nampak batang hidungnya. Apakah mereka berhasil mencari artis pengganti Shinta dan juga artis-artis untuk peran yang lain. Saya menjaga spoiler sehingga saya menyarankan anda menonton film ini sendiri dan berikan penilaian menurut anda sendiri, namun sebelum itu ijinkan saya memberikan masukan atas film ini dimana :

Sangat tidak masuk akal bila tiba-tiba terjadi gangguan atau penampakan di kantor PH hanya karena Genta dan OB membicarakan soal Taman Langsat yang angker. Mungkin kita tahu membicarakan tempat angker akan membuat bulu kuduk merinding, tapi sampai terjadi terror secara fisk? C’mon…get real….

Shinta yang keguguran hanya karena didorong dari mobil dan begitu banyak darah keluar seolah Shinta sudah mengandung lebih dari tiga bulan. Man, don’t you know that janin itu punya kekuatan yang luar biasa dari benturan? Memang ada kemungkinan ketuban pecah tapi saya pernah melihat seorang wanita hamil yang tanpa sengaja terpeleset jatuh di tangga tapi janin di perutnya masih aman, so maafkan kalau saya tidak percaya dorongan dari mobil bisa mengakibatkan keguguran macam itu…dan mengenai suaminya yang cacat yang ikut bunuh diri di tengah hujan dengan menghujamkan batu ke mata gara-gara melihat istrinya meninggal…c’mon man…

Legendanya mengatakan yang dikubur di bawah pohon Langsat itu bayi-bayi korban aborsi dan arwah mereka berpindah ke burung-burung. Itu menurut saya sesuatu yang keren, tapi kenapa tahu-tahu hantu yang muncul di taman itu ada genderuwo, kuntilanak, bahkan pocong masuk disitu? Apakah sosok tuyul kurang seram sehingga harus ditambahkan ikon-ikon dari makluk semacam itu supaya makin menambah seram filmnya?

Yoga, Shinta, dan suami Shinta tewas di depan rumah Shinta, tapi kenapa tahu-tahu ketiganya bisa muncul di Taman Langsat dan bergabung dengan ‘talent-talent casting’ yang lain? Apa hanya karena mereka terlibat dalam proyek pembuatan film di Taman Langsat yang angker dan tahu-tahu arwah mereka bisa ditarik ke tempat itu? Saya tidak tahu menurut anda, tapi menurut saya hantu tidak bisa berpindah tempat dengan seenaknya, apalagi hantu penasaran…pun kalau teori saya itu salah maka saya akan mengajukan pertanyaan kedua, kenapa suami Shinta juga hadir ke Taman Langsat? Kan dia tidak terlibat apapun dalam proyek film itu...pria itu hanya kebetulan menjadi suami dari calon bintang utama film yang diproduksi Daniel….hanya suami yang tak tahu apa-apa…

Begitu geregetannya saya pada film ini sehingga setelah menontonnya saya memutuskan berkunjung ke taman tersebut. Taman itu memiliki luas 700m2 dan berada di belakang bekas pasar burung barito. Saya tidak tahu soal binatang yang dijual disitu tapi yang saya tahu ada soto kambing yang enak sehingga menyempatkan diri buat makan dulu disitu baru kemudian mencoba survey. Taman itu tidak terbuka untuk umum, gerbangnya digembok dan untuk masuk kesana menurut penjaganya harus dengan perjanjian lebih dahulu.

Apakah saya sebegitu saktinya hendak menantang penunggu-penunggu disitu?

Well, saya tidak kesana hanya buat melihat apa benar disitu ada penampakan genderuwo, pocong, atau kuntilanak di atas pohon beringin…yang memang ada di tengah-tengah taman itu…karena rasanya itu bukan sesuatu yang penting tapi itu merupakan bentuk pelampiasan frustrasi karena gagal merasakan keangkeran dari filmnya sehingga ingin melihat sendiri kemisteriusan taman itu secara langsung…

So, sekian dulu komentar saya tentang film ini karena saya masih harus melanjutkan tulisan tentang film lain yang lagi heboh seperti Annabelle…

4 comments:

  1. Sepertinya film ini "jongkok " banget deh... Kok bisa-bisaya ada yg mau membiayai pembuatan film seperti ini ?

    ReplyDelete
  2. Gosip angkernya sih oke...bikin penasaran seperti film Rumah Kentang....tapi hasil akhirnya itu lho????

    ReplyDelete
  3. Nggak tertarik sama sekali nontonnya. Logika ceritanya nggak masuk. Huft.

    Btw itu komentarnya udah spoiler banget ahahaha....

    ReplyDelete
  4. Kan kamu belum tahu akhirnya seperti apa Evi...jadi silakan nonton yaaaa hehehe

    ReplyDelete